Kamis, 03 Mei 2012

PENGERTIAN IRASIONA DANA RASIONAL



Add caption
By.SWILLSOND M.KWALIK




Pengertian Irasional Dan Rasional
Rasional dan Pengertian Desain Pesan
Berbagai usaha yang bersifat inovatif telah dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan
dengan kegiatan pembelajaran, baik yang bersifat makro maupun mikro. Pada masa yang lalu, perencanaan
atau rancangan untuk kegiatan instruksional dan pengajaran didasarkan terutama pada isi dan seringkali
didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan subyektif. Perhatian utama lebih ditujukan pada metode mengajar,
daripada kegiatan belajar siswa, berarti lebih kepada alat atau sarana daripada tujuan pendidikan (Jerrold E.
Kemp, 1977). Proses pembelajaran bersifat kompleks yang terdiri dari banyak bagian dan fungsi yang saling
berhubungan, antara satu dengan yang lain harus saling berhubungan dan saling bekerja sama dalam cara
yang terpadu agar tujuan dapat tercapai. Agar dapat menghubungkan semua komponen proses pembelajaran
secara terpadu dalam rangka menghasilkan suatu program pembelajaran yang berhasil, dapat digunakan suatu
pendekatan yang banyak dipakai yaitu pendekatan sistem. Aplikasi pendekatan sistem dalam perencanaan
kegiatan pembelajaran adalah merupakan teknologi pembelajaran yang berarti perencanaan kegiatan
pembelajaran yang sistematis berdasarkan pada pengetahuan tentang proses belajar dan pada teori
komunikasi, serta dengan mempertimbangkan berbagai faktor dan variabel situasi dan kondisi tertentu yang ikut
mempengaruhinya, sehingga kegiatan pembelajaran yang efektif akan diperoleh. Masalah pokok yang dihadapi
oleh perancang pesan pembelajaran adalah jenis pesan yang seperti apakah yang paling baik untuk mencapai
tujuan seperti yang telah dirumuskan untuk sasaran ...
Read More
pengertian dan karateristik anak usia dini
Pengertian dan Karakteristik Anak Usia Dini Dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional
dinyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk
membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14). Anak usia dini adalah anak yang baru
dilahirkan sampai usia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter
dan kepribadian anak (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 7). Usia dini merupakan usia di mana anak mengalami
pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang
bergizi yang seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan
tersebut. Ada berbagai kajian tentang hakikat anak usia dini, khususnya anak TK diantaranya oleh Bredecam
dan Copple, Brener, serta Kellough (dalam Masitoh dkk., 2005: 1.12 – 1.13) sebagai berikut. Anak bersifat unik.
Anak mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan. Anak bersifat aktif dan enerjik. Anak itu egosentris. ...
Read More
EMOSI
EMOSI Definisi Emosi Pada umumnya perbuatan kita sehari-hari disertai oleh perasaanperasaan
tertentu, yaitu perasaan senang atau perasaan tidak senang. Perasaan senang atau tidak senang yang selalu
menyertai perbuatan - perbuatan kita sehari-hari itu disebut warna efektif. Warna efektif ini kadang-kadang kuat,
kadang-kadang lemah atau samar-samar saja. Emosi adalah sebagai sesuatu suasana yang kompleks (a
complex feelingstate) dan getaran jiwa ( a strid up state ) yang menyertai atau munculnyasebelum dan sesudah
terjadinya perilaku. (Syamsudin, 2005:114).Sedangkan menurut Crow & crow (1958) (dalam Sunarto, 2002:149)
emosi adalah “An emotion, is an affective experience that accompanies generalized inner adjustment and mental
physiological stirred up states in the individual, and that shows it self in his overt behavior.” Perbedaan antara
perasaan dan emosi tidak dapat dinyatakandengan tegas, karena keduanya merupakan suatu kelangsungan
kualitatif yang tidak jelas batasnya. Pada suatu saat tertentu, suatu warna efektif dapat dikatakan sebagai
perasaan, tetapi juga dapat dikatakan sebagaiemosi. Jadi, sukar sekali kita mendefinisikan emosi. Oleh karena
itu, yang dimaksudkan dengan emosi di sini bukan terbatas pada emosi atau perasaan saja, tetapi meliputi
1/2
setiap keadaan pada diri seseorang yang disertai dengan warna efektif, baik pada tingkat yang lemah (dangkal)
maupun pada tingkat yang (mendalam). Jadi emosi adalah pengalaman afektif yang disertai penyesuaian dari
dalam diri individu tentang keadaan ...
Read More
DAMPAK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TUNAGRAHITA
Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi adalah reaksi terhadap
seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan kerika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada
seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. Kata "emosi" diturunkan dari kata bahasa Perancis, émotion, dari
émouvoir, 'kegembiraan' dari bahasa Latin emovere, dari e- (varian eks-) 'luar' dan movere 'bergerak'.
Kebanyakan ahli yakin bahwa emosi lebih cepat berlalu daripada suasana hati. Definisi emosi menurut para ahli
: Menurut Daniel Goleman (2002 : 411) emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu
keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah
dorongan untuk bertindak. Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi
merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator
perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. (Prawitasari,1995)
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Emosi adalah suatu perasaan (afek) yang
mendorong individu untuk merespon atau bertingkah laku terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam
maupun dari luar dirinya. Emosi anak tunagrahita secara umum Perkembangan emosi anak tunagrahita
berbeda-beda sesuai dengan tingkat ketunagrahitaan, masing-masing. Anak yang berat dan sangat berat tingkat
ketunagrahitaan hampir tidak memperlihatkan dorongan untuk mempertahankan diri (Moh. Amin, 1995:35).
Mempertahankan diri dalam ...
Read More
2/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar